Selasa, 23 April 2013

Melody Grace Natalie, IISF sejuta Kenangan dan Pelajaran

  
IISF sejuta Kenangan dan Pelajaran



Oleh :Melody Grace Natalie
Siswi SMA Stella Duce 1, Yayasan Tarakanita Yogyakarta




Pengalaman yang sangat luar biasa, ketika saya bisa mewakili Indonesia dalam event International Student Science Fair 2012 di Winnipeg, Canada. Penelitian yang saya bawa dalam ISSF tersebut berjudul “Durian Waste to Alternative Energy”. Sebagaimana kita ketahui, di Indonesia banyak sekali limbah sampah dari durian yang terbuang begitu saja. Ide ini muncul ketika saya menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga untuk duduk – duduk lesehan makan durian. Setelah melalui proses yang cukup melelahkan, akhirnya terciptalah sebuah produk briket durian, dan juga asap cair yang nantinya akan saya kembangkan menjadi biofuel.
Acara ISSF 2012 kali ini berlangsung selama 5 hari dari tanggal 30 Maret 2012 hingga 5 April 2012. Mulai tanggal 30 Maret 2012, serangkaian acara ISSF mulai dilakukan di negara yang terkenal dengan Maple Syrup-nya. Opening ceremony yang sangat meriah dilakukan oleh Fort Richmond Collegiate sebagai host school. Acara selama 5 hari sangatlah padat. Presentasi, pameran penelitian, science tour, hingga acara-acara hiburan pun saya nikmati.
Salah satu kegiatan yang saya lakukan adalah mempresentasikan penelitian saya di depan semua peserta dan juga tutor dari ISSF. Perasann deg-degan, takut, namun juga bangga bisa memperkenalkan produk dari Indonesia di hadapan para young scientist dari seluruh dunia. Namun, puji Tuhan, semua lancar, dan tanpa disangka penelitian saya ini mendapat sambutan yang hebat dari para audience. Terbukti ketika acara pameran, stand saya banyak dikunjungi guru, peserta, dan juga siswa Fort Richmond Collegiate. Sungguh bangga menjadi wakil dari Indonesia, khususnya SMA Stella Duce 1, yang bisa membanggakan dan mengharumkan SMA Stella Duce 1 sekaligus Indonesia.
Sebuah pengalaman hebat yang takakan bisa dibeli oleh apa pun juga. Ketika saya bisa belajar dari orang – orang hebat di sana. Dibukakan wawasan yang lebih luas, khususnya dalam bidang lingkungan yang tentunya sangat cocok dengan bidang penelitian saya. Sepertinya akan lebih membuat saya termotivasi untuk melakukan penelitian – penelitian lain lagi.
Sangat beruntung ketika saya juga mendapat kesempatan untuk berkeliling melihat keindahan negara Canada, khususnya di kota Winnipeg dan Toronto. Negara yang sangat indah, tertata rapi, bersih, dan juga keadaannya beda jauh dari Indonesia. Tapi, Indonesia tetap di hati. hehehehe….
Teman baru? Ya, tentunya saya juga mendapat banyak teman baru dari berbagai penjuru dunia. Tak heran, acara ISSF kali ini diikuti 17 negara. Saat cultural performance, banyak sekali kebudayan negara lain yang unik dan menarik. Tentunya saya dan teman saya dari Indonesia juga tak mau kalah. Kami menampilkan tembang Jawa dan juga pencak silat. Sambutan meriah kami dapatkan ketika kami mengakhiri pertunjukan kami.
Banyak hal yang saya dapatkan dari acara internasional ini. Sebagai generasi muda bangsa Indonesia, membuat saya memiliki kebanggaan tersendiri. Apalagi ketika penelitian saya ini bisa dibilang sebagai penelitian yang sangat sederhana disbanding dengan negara-negara lain yang biasanya cenderung meneliti sebuah hal yang rumit (seperti sel, protein, dan lain-lain ) yang diakibatkan negara lain kemungkinan kurang memiliki sumber daya alam yang bisa diteliti. Lain halnya dengan Indonesia yang kaya sekali akan sumber daya alam, yang sesungguhnya jika digali lebih lagi akan memunculkan produk baru yang tentunya akan lebih bisa mendunia. Namun, juga menjadi sebuah pukulan yang hebat ketika saya sadar bahwa generasi muda di Indonesia kurang tertarik akan hal – hal seperti ini. Terbukti dengan hanya adanya 2 wakil dari seluruh Indonesia.Yang bisa dibilang adalah Negara dengan wakil paling sedikit. Sedangkan Negara lain, yang mungkin memiliki lebih sedikit objek untuk diteliti, mengirimkan wakil yang lebih banyak disbanding Indoneisa.
Tentunya kedepannya saya berharap semakin banyak lagi generasi muda yang mau melakukan hal – hal seperti ini. Tidak perlu meneliti hal yang rumit. Hidup sudahlah rumit, jangan menjadikan segala sesuatunya lebih rumit lagi. Lihat sekelilingmu, temukan masalah ‘sederhana dan unik’ apa yang bisa kita teliti dan temukan penyelesaiannya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar