Setiap
orang butuh sebuah motivasi. Terutama seorang pelajar. Berbagai macam motivasi
telah tersedia di sekitar kita. Setiap orang memiliki motivasi belajar yang
berbeda-beda. Petikan senar gitar, tekanan tuts
piano menghasilkan berbagai macam nada yang dapat menjadi motivasi belajar
untuk kita. Mungkin bagi sebagian orang nada-nada itu membosankan dan
mengganggu waktu belajar mereka. Namun tidak bagi kami. Nada-nada itu menjadi
motivasi belajar kami, dan bagi para pecinta musik, nada-nada itu bisa menjadi
cita-cita yang membuahkan sebuah kesuksesan.
Pop,
rock, jazz, classic. Semua nada-nada itu mengalun di saat kami membuka dan
membaca buku pelajaran. Menurut survey
yang telah dilakukan, banyak orang lebih memilih mendengarkan musik sambil
belajar. “Lebih enak mendengarkan musik sambil belajar. Soalnya lebih seru dan
bisa lebih fokus.” Kata salah satu teman yang saya wawancarai. Dan saya sangat
setuju dengan hal itu. Karena bagi kami, dengan mendengarkan musik, mereka
lebih bisa fokus menghafal dan lebih cepat mengerti pelajaran. Karena saat
mendengarkan musik, mereka akan lebih santai dan menyenangkan. Sehingga semua
pelajaran akan lebih mudah dimengerti. Musik sangat berguna dalam meningkatkan
proses belajar. Misal dalam menghafalkan suatu pelajaran. “Kadang musik berguna
buat menghafal pelajaran. Kalau dibuat lagu. Lebih cepat hafal dan lebih lama
teringat.” Banyak orang menjadikan pelajaran itu menjadi sebuah lagu sehingga
lebih mudah dihafal. Karena bagi anak-anak, terutama anak remaja, lebih mudah
menghafalkan lagu dr pd menghafalkan pelajaran.
Dengan bermain musik secara tidak
sadar, kita menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri kita. Terutama bagi pianis,
yang harus memainkan sepuluh jari mereka.
Tangan kanan sebagai melodi, dan tangan kanan sebagai irama. Irama bisa
dikatakan sebagai pengaturan suara pada
suatu lagu dan membandu dalam memainkan tempo, serta memberikan keunikan
tersendiri pada suatu lagu. Dengan seimbangnya otak kanan dan otak kiri, akan
lebih membvantu kita dalam proses pembelajaran dan menghafalkan, serta
memainkan logika kita dalam pelajaran, terutama matematika. Selain berguna
untuk menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri, musil juga sangat baik
untuk merelaxkan otak saat jenuh
dalam belajar. Jika kita, lebih relax,
maka motivasi atau keinginan belajar kita lebih meningkat, dan dengan begitu,
kita akan lebih boisa meningkatkan konsentrasi kita dalam belajar. Dengan
berkonsentrasi dalam belajar, maka kita akan lebih sukses dalam belajar.
Dalam belajar musik, kita sangat
perlu menggunakan feeling sehingga
lagu atau irama yang kita mainkan lebih indah didengar. “Feeling dalam bermusik
sangat berguna buat belajar, dalam belajar kita juga membutuhkan feeling,
sehingga lebih mengerti pelajarannya.” Dengan bermain musik menggunakan feeling, maka nada yang terdengar lebih
indah dan sangat bermanfaat dalam merelaxkan
pikiran kita. Dengan begitu, tanpa sadar semangat kita dalam belajar akan lebih
baik. Bagi kami, musik memiliki keanggunan tersendiri. Melalui musik. Kami bisa
meluapkan semua perasaa, emosi, dan kejenuhan dengan bermain musik. “Kalau habis bermain musik, pikiran jadi tenang, dan
suasana hati lebih baik. Sehingga belajar bisa lebih semangat, dan lebih cepat
hafal. Selain untuk meningkatkan motivasi belajar, dalam melakukan hal-hal lain
yang kurang disukai, bisa lebih nyaman setelah bermain musik.” Kata salah satu
teman yang saya wawancarai.
Dalam belajar atau melakukan suatu hal, kita sangat
membutuhkan sebuah acuan atau motivasi, dan dalam memilih acuan atau motivasi
dalam belajar, kita harus sangat kritis dan bijaksana. Dengan memilih musik
sebagai motivasi belajar, kita sebaiknya memanfaatkan musik dengan
sebaik-baiknya. Sehingga tidak terjerumus.
Musik sangat berguna bagi kehidupan dan masa depan
kita. Bukan sebagai pekerjaan utama,
tetapi sebagai hobby. Musik sangat
mempengaruhi suasana hati kita. Dengan bermusik, suasana hati akan menjadi
lebih baik, dan disaat itulah kita dapat mengerjakan semua pekerjaan dengan
lebih baik dan dengan sepenuh hati, sekalipun kita tidak menyukai pekerjaan
itu. Kita harus memandang musik sebagai
sebuah unsur murni, yang dapat memberikan kita banyak hal yang sangat bermakna.
Dengan begitu, kita akan lebih sukses dalam bermusik, dan menjadikan musik
sebagai acuan atau motivasi kita untuk kedepannya. Karena ketika kita berharap
besar kepada musik, namun kita tidak berbuat apa-apa, kita tidak akan
mendapatkan hasil dari musik.
Banyak hal yang dapat dihasilkan dari bermusik.
Selain sebagai meningkatkan motivasi belajar, musik bisa dijadikan sebagai terapi
bagi anak-anak yang kelainan atau hambatan mental. Karena musik dapat digunakan
sebagai terapi bagi mereka yang menderita hambatan mental. Bagi sebagian orang,
musik mungkin dijadikan sebagai pekerjaan utama mereka, yang membuahkan
kesuksesan dan penghasilan. Misal salah satu musisi Addie MS yang menjadikan
musik sebagai pekerjaan utama. Namun, musik juga dapat dijadikan sebagai
pekerjaan sampingan atau hobby yang juga membuahkan kesuksesan bagi mereka.
Banyak hal yang sangat berguna dari bermusik. Jadi tunggu apalagi? ( Valencia
Tasya davita/9B)
( Penulis
siswa SMP Tarakanita Gading Serpong, tulisan ini pernah diterbitkan di majalah
“ICON” SMP Tarakanita Gading Serpong edisi 8 buan Desember 2013)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar