KISI-KISI
NASKAH SOAL US
MATA PELAJARAN IPS
Disusun oleh :
F. Budi Wibowo,S.Pd. guru IPS SMP Tarakanita Gading Serpong
gambar : dok pribadi
IPS - Geografi
a. Peserta
didik dapat menentukan letak negara maju dan berkembang di benua amerika.
b. Peserta
didik dapat menentukan contoh negara berkembang
di dunia.
c. Peserta
didik dapat mengidentifikasi keadaan wilayah dalam peta kontur.
d. Peserta
didik dapat menentukan contoh karakteristik negara kepulauan di Asia Tenggara.
e. Peserta
didik dapat dapat menentukan faktor penyebab terjadinnya kerusakan lingkungan.
f. Peserta
didik dapat menentukan faktor penyebab terjadinya permasalahan lingkungan kumuh
di kota besar.
g. Peserta
didik dapat mengidentifikasikan ciri negara
maju dan negara berkembang.
h. Peserta
didik dapat mengidentifikasi bentang alam benua afrika.
i.
Peserta didik dapat menentukan
karakteristik pertemuan arus di samudera.
j.
Peserta didik dapat mendeskripsikan bentuk-bentuk muka bumi yang dihasilkan oleh
tenaga pembentuk muka bumi tertentu.
k. Peserta
didik dapat mengidentifikasi kondisi
pendudukberdasarkan bentuk piramida penduduk.
l.
Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor
pendorong kelahiran.
m. Peserta
didik dapat mengidentifikasi masalah
kependudukan di Indonesia
n.
Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak positif atau negatif
dari tenaga pembentuk muka bumi.
o. Pesert
didik dapat mengidentifikasi unsur pembentukan cuca dan iklim.
p. Peserta
didik dapat mengidentifikasi kegunaan globe.
q. Peserta
didik dapat mendeskrisikan angin musim di Indoneisa dikaitkan letak geografis.
gambar : dok pribadi
IPS - Sejarah
a. Peserta
didik dapat mengidentifikasi hasil KMB bagi Indonesia.
b. Peserta
didik dapat menyebutkan isi dekrit Presiden 5 juli 1959.
c. Peserta
didik dapat menentukan pemimpin pembebasan Irian Barat.
d. Peserta
didik dapat mengidentifikasi hasil sidang BPUPKI.
e. Peserta
didik dapat mengidentifikasi akibat Perang Dunia II.
f. Peserta
didik dapat menyebutkan tokoh perjuangan
mempertahankan kemerdekaan.
g. Peserta
didik dapat mendeskripsikan akhir perjuangan
merebut Irian Barat.
h. Peserta
didik dapat mendiskripsikan
terjadinya peristiwa DI/TII.
i.
Peserta
didik dapat mendeskripsikan perubahan orde baru ke lahirnya reformasi.
j.
Peserta didik dapat mengidentifikasikan dampak
perubahan sosial budya di era
globalisasi.
k. Peserta
didik dapat menentukan contoh peninggalan sejarah kerajaan bercorak Hindu.
l.
Peserta didik dapat menentukan saluran Ilamisasi
di Indonesia.
m. Peserta
didik dapat menyebutkan kebijakan pemerintahan Raflles di Indoneisa.
n. Peserta
didik dapat mengidentifikasikan faktor penyebab perubahan sosial budaya.
o. Peserta
didik dapat menentukan peralatan kehidupan manusia pra-aksara pada zaman
megalitikum.
p. Peserta
didik dapat mendeskripsikan golongan terpelajar professional dalam pergerakan
kebangsaan Indonesia.
q. Peserta
didik dapat menentukan perbedaan persektif anatar kelompok sekitar proklamasi
kemerdekaan Indonesia.
gambar : dok pribadi
IPS - Ekonomi
a. Peserta
didik dapat mengidentifikasi fungsi uang.
b. Peserta
didik dapat mengidentifikasi kebijakan monoter.
c. Peserta
didik dapat mengidentifikasi manfaat perdagangan internasional.
d. Peserta
didik dapat mengidentifikasi jenis pajak.
e. Peserta
didik dapat menentukan interaksi penjual
dan pembeli.
f. Peserta
didik dapat mengidentifikasi syarat uang.
g. Peserta
didik dapat mengidentifikasi permodalan koperasi.
h. Peserta
didik dapat menentukan tujuan kerjasama ekonomi antar negara bagi Indonesia.
i.
Peserta didik dapat menentukan contoh
kerjasama ekonomi antar negara.
j.
Pesert didik dapat mengidentifikasi
hubungan alat pemuas kebutuhan dengan barang lain.
k. Peserta
didik dapat mengidentifikasi tanggung jawab anggota perusahaan berbentuk CV.
l.
Peserta didik dapat mengidentifikasi
tokoh dalam sistem ekonomi.
m. Peserta
didik dapat mengidentifikasi bentuk kerja sama anat negara.
n. Peserta
didik dapat mengidentifikasi manfaat lembaga kerjasama antar Negara.
o. Peserta
didik dapat menentukan kurve permintaan dan penawaran.
p. Peserta
didik dapat menentukan conto prinsip ekonomi bagi perilaku ekonomi.
gambar : dok pribadi
gambar : dok pribadi
Semoga dapat mempersiapkan dengan baik
Tetap semangat dan tingkatkan daya juang
Raih yang terbaik dengan Kejujuran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar