Islam
di Indonesia
Standar kompetensi
Memehami perkembangan masyarakat
sejak masa Hindu – Budha sampai masa kolonial Eropa.
Kompetensi dasar
Mendeskripsikanperkembangan
masyarakat dan pemerinahan pada masa zIlam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya
1. Munculnya
Islam
a. Zaman
kebodohan atau Jahiliah
b. Isalam
dibawa oleh Nabi Muhamma SAW dari ibu
Siti Aminah dan ayahnya Abdul Multhalib keturunan suku Quraisy.
c. Suku
Qurasy aadalah suku terhormat yang mendapat kepercayaan untuk menjaga dan memeilhara Kabbah, yakni
bangunan suci berbentuk kubus yang terletak di Masjidil Haram, mekkah yang
dibangun oleh Nabi Ibrahim.
d. Nabi
diberi gelar AL Amin ( orang yanhg dapat
dipercaya )
e. Nabi
Muhammmad mendapat wahyu yang diturunkan maliakat Jibril di gua Hira
f. Nabi
muhammad hijrah dari mekkah ke Medinah ( = tahun baru Isalam )
2. Mulanya
Islam dibawa oleh para pedagang Gujarat, kemudian diikuti oleh orang-orang Arab
dan Persia. Para pedagang ini pada umumnya memeluk Islam. Sambil berdagang
mereka menyebarkan ajran Islam di tempat-tempat mereka berlabuh.
3. Ada
beberapa pendapat mengenai masuknya Islam ke Indonesia. Pendapat tersebut
mereka kemukakan berdasarkan bukti-bukti yang ditemukan. Pendapat yang
menyatakan pengaruh Islam mulai masuk ke Indonesia adalah antara abad ke-7 dan
ke-8. Pendapat ini mendasarkan bukti pada abad tersebut telah terdapat
perkampungan orang ISlam di sekitar Selat Malaka..
4. Pendapat
lain menyatakan pengaruh Islam mulai masuk ke Indonesia abad ke-11. Pendapat
ini mendasarkan bukti pada sebuah batu nisan Fatimah binti Maimun yang dikenal
dengan Batu Leran di daerah Tuban Jawa Timur yang berangka tahun 1082 Masehi.
Sejarah masuknya Islam ke Indonesia
1. Ada
juga yang berpendapat pengaruh Islam mulai masuk ke Indonesia pada abad ke-13.
Pendapat ini berdasarkan bukti-bukti sebagai berikut:
2. Batu
nisan Sultan Malik al Saleh berangka tahun 1297 Masehi. Sultan Malik al Saleh
adalah raja Samudra Pasai pertama yang masuk Islam. Kerajaan ini adalah kerjaan
Islam pertama di Indonesia.
3. Catatan
perjalanan Marco Polo yang pernah singgah di Kerajaan Perlak (1292). Dalam
catatannya menceritakan penduduk kota Perlak telah menganut Islam, sedangkan di
luar kota belum, melainkan masih animisme dan dinamisme.
4. Catatan
Ibnu Battuta (12345 - 1346) yang menytakan bahwa Samudra Pasai menganut paham
Syafi'i. Hal ini membuktikan bahwa Islam sudah berkembang di kerajaan tersebut.
5. Catatan
Ma-Huan musafir Cina ini memberitakan pada awal abad ke-15 Masehi sebagian
besar masyarakat di pantai utara Jawa Timur telah memeluk agama Islam.
Suma Oriental
dari Tome Pires musafir Portugis memberitakn tentang penyebaran Islam antara
tahun 1512 sampai tahun 1515 Masehi, yang meliputi Sumatera, Teori-Teori Masuknya Islam ke
Indonesia
Menurut beberapa sejarawan, agama Islam baru masuk ke Indonesia pada abad ke-13 Masehi yang dibawa oleh para pedagang muslim. Meskipun begitu, belum diketahui secara pasti sejak kapan Islam masuk ke Indonesia karena para ahli masih berbeda pendapat mengenai hal tersebut. Setidaknya ada tiga teori yang mencoba menjelaskan tentang proses masuknya Islam ke Indonesia yaitu teori Mekkah, teori Gujarat, dan teori Persia.
Menurut beberapa sejarawan, agama Islam baru masuk ke Indonesia pada abad ke-13 Masehi yang dibawa oleh para pedagang muslim. Meskipun begitu, belum diketahui secara pasti sejak kapan Islam masuk ke Indonesia karena para ahli masih berbeda pendapat mengenai hal tersebut. Setidaknya ada tiga teori yang mencoba menjelaskan tentang proses masuknya Islam ke Indonesia yaitu teori Mekkah, teori Gujarat, dan teori Persia.
- Teori Gujarat, Teori yang dipelopori
oleh Snouck Hurgronje ini menyatakan bahwa agama Islam baru masuk ke
Nusantara pada abad ke-13 Masehi yang dibawa oleh para pedagang dari
Kambay (Gujarat), India.
- Teori Persia, Teori ini dipelopori oleh P.A
Husein Hidayat. Teori Persia ini menyatakan bahwa agama Islam dibawa oleh
para pedagang dari Persia (sekarang Iran) karena adanya beberapa kesamaan
antara kebudayaan masyarakat Islam Indonesia dengan Persia.
- Teori Mekkah, Teori ini adalah teori baru
yang muncul untuk menyanggah bahwa Islam baru sampai di Indonesia pada
abad ke-13 dan dibawa oleh orang Gujarat. Teori ini mengatakan bahwa Islam
masuk ke Indonesia langsung dari Mekkah (arab) sebagai pusat agama Islam
sejak abad ke-7. Teori ini didasari oleh sebuah berita dari Cina yang
menyatakan bahwa pada abad ke-7 sudah terdapat sebuah perkampungan muslim
di pantai barat Sumatera, Kalimantan, Jawa hingga kepulauan Maluku.
Faktor-faktor yang mendukung penyebaran Islam cepat
berkembang di Indonesia adalah seperti berikut:
1. Ajarannya
sederhana, mudah dimengerti dan diterima.
2. Syaratnya
mudah, hanya dengan mengucapkan kalimat syahadat, yang berisi pengakuan adanya
Tuhan Yang Maha Esa dan Muhammad utusan Tuhan.
3. Islam
tidak mengenal kasta, sehingga lebih mudah menarik bagi rakyat biasa yang
jumlahnya justru lebih besar.
4. Upacara-upacara
keagmaan sangat sederhana.
5. Islam
disebarkan dengan cara damai lewat kesenian dan akulturasi dengn kebudayaan
setempat.
6. Jatuhnya
Majapahit dan Sriwijaya menyebabkan kerajaan-kerajaan Islam berkembang pesat.
Saluran-saluran / cara penyebaran Islam di Indonesia
yang digunakan pada abad ke-13 sampai abad ke-16 adalah sebagai berikut:
1.
Melalui
cara akulturasi dan asimilasi kebudayan.
Hal ini dilakukan dengan
menggunakan unsur-unsur kebudayaan lama untuk usaha penyebaran Islam. Misalnya
menggunakan doa-doa dalam upacara adat seperti kelahiran, selapanan,
perkawinan, seni wayang kulit untuk dakwah dan lain sebagainya.
- Melalui Cara Perdagangan
Indonesia dilalui oleh jalur perdagangan laut yang menghubungkan antara China dan daerah lain di Asia. Letak Indonesia yang sangat strategis ini membuat lalu lintas perdagangan di Indonesia sangat padat karena dilalui oleh para pedagang dari seluruh dunia termasuk para pedagang muslim. Pada perkembangan selanjutnya, para pedagang muslim ini banyak yang tinggal dan mendirikan perkampungan islam di Nusantara. Para pedagang ini juga tak jarang mengundang para ulama dan mubaligh dari negeri asal mereka ke nusantara. Para ulama dan mubaligh yang datang atas undangan para pedagang inilah yang diduga memiliki salah satu peran penting dalam upaya penyebaran Islam di Indonesia.
- Melalui Perkawinan
Bagi masyarakat pribumi, para pedagang muslim dianggap sebagai kelangan yang terpandang. Hal ini menyebabkan banyak penguasa pribumi tertarik untuk menikahkan anak gadis mereka dengan para pedagang ini. Sebelum menikah, sang gadis akan menjadi muslim terlebih dahulu. Pernikahan secara muslim antara para saudagar muslim dengan penguasa lokal ini semakin memperlancar penyebaran Islam di Nusantara.
- Melalui Pendidikan
Pengajaran dan pendidikan Islam mulai dilakukan setelah masyarakat islam terbentuk. Pendidikan dilakukan di pesantren ataupun di pondok yang dibimbing oleh guru agama, ulama, ataupun kyai. Para santri yang telah lulus akan pulang ke kampung halamannya dan akan mendakwahkan Islam di kampung masing-masing.
- Melalui Kesenian
Wayang adalah salah satu sarana kesenian untuk menyebarkan islam kepada penduduk lokal. Sunan Kalijaga adalah salah satu tokoh terpandang yang mementaskan wayang untuk mengenalkan agama Islam. Cerita wayang yang dipentaskan biasanya dipetik dari kisah Mahabrata atau Ramayana yang kemudian disisipi dengan nilai-nilai Islam.
6.
Melalui Tasawuf
Tasawuf adalah ajaran
atau cara untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Ajaran tasawuf ini banyak
dijumpai dalam cerita babad dan hikayat masyarakat setempat. Beberapa tokoh
penyebar tasawuf yang terkenal adalah Hamzah Fansuri, Syamsudin, Syekh Abdul
Shamad dan Nuruddin Ar-Ranirry.
7. Dakwah
Wali Songo
Proses penyebaran Islam di
Nusantara khususnya di pulau Jawa tidak lepas dari peranan para wali. Para wali
bertindak sebagai juru dakwah, penyebar dan perintis agama Islam. Dengan
bekalpengetahuan agama dan keahlian tersebut,para wali mendapat banyak pengikut
dan sangat dihormati.
Di Jawa, terdapat sembilan wali
yang sangat terkenal. Para wali ini kemudian dikemal dengan sebutan Wali Songo
( wali sembilan, karena jumlah wali ada sembilan orang). Mereka adalah sebagai berikut.
1.
Sunan Ampel (Raden Rahmat), di Ampel, Surabaya.
2.
Sunan Maulana Malik Ibrahim di Gresik.
3.
Sunan Giri (Raden Paku), di Bukit Giri, Surabaya.
4.
Sunan Drajat, di Drajat, Surabaya.
5.
Sunan Bonan (Makdum Ibrahim), di Bonang, Tuban
6.
Sunan Muria, yang tinggal di lereng gunung Muria, Kudus.
7.
Sunan Kalijaga (Joko Said), di Kalidangu, Demak.
8.
Sunan Kudus, yang bertempat tinggal di Kudus.
9.
Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah), di Gunung Jati, Cirebon
Sumber :
1.
IPS Tim Abdi Guru. 2008. IPS Terpadu untuk SMP Kela VII
Semester II. Erlangga: Jakarta
dari berbagai artikel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar