Selasa, 07 Mei 2013



Renungan

“Siapa saja yang telah melihat Aku,
 ia telah melihat Bapa”


Jendela Iman : Renungan Jumatan 3 Mei 2013

Setelah sekian lama mengikuti Yesus, ternyata para murid masih juga belum paham bahwa Yesus dan Bapa adalah satu. Hal ini terungkap dalam pembicaraan antara Yesus dengan para murid-Nya saat perjamuan malam terakhir.

Kala itu, Tomas mempertanyakan, bagaimana mereka dapat mengetahui jalan ke mana Yesus akan pergi. Yesus pun menjawab, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.” (Yoh. 14:6—7) Tetapi, oleh jawaban Yesus ini, malah menimbulkan kebingungan pada Filipus, sehingga ia pun berkata kepada Yesus, “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.” (Yoh. 14:8)

Ah, Yesus tentulah sedih mendengar perkata murid-Nya itu. “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku?” (Yoh. 14:9a) Padahal, selama menjalankan pengajaran-Nya, Yesus sering kali menyebut nama Bapa, akan tetapi tetap saja para murid belum memahaminya. Mereka tidak melihat adanya “kesatuan” antara Yesus dan Bapa-Nya, mereka menganggap Yesus dan Bapa adalah berbeda. Oleh karena itu, Yesus pun menegaskan, “Siapa saja yang telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa
….Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya… Percayalah kepada-Ku bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku;” (Yoh. 14:9—11)

Perkataan Yesus ini, “Siapa saja yang telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa” (Yoh. 14:9), sesungguhnya telah menegaskan kepada kita bahwa Yesus adalah Allah yang hadir di dunia dalam rupa manusia. Yesus adalah Allah itu sendiri. Sebagai umat beriman, masihkah kita perlu meragukannya?
Itulah perlunya kita membaca Kitab Suci setiap hari agar keimanan kita terus meningkat.
Makin sering kita membaca Kitab Suci, semakin kita mengenal Yesus dan ajaran-ajaran-Nya. (VJ)



Bacaan I: Kor. 15:1-8
Mazmur: 19:2-3, 4-5
Injil: Yoh. 14:6-14

 Sumber : paroki Santo Gabriel, santogabriel.tk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar