Sabtu, 29 Maret 2014

Kisi - kisi US



KISI-KISI NASKAH SOAL US


MATA PELAJARAN  IPS
 TAHUN PELAJARAN 2013/2014


                                                                 gambar : kompas com

Disusun oleh :

F. Budi Wibowo,S.Pd.  guru IPS SMP Tarakanita Gading Serpong





                                                 gambar : dok pribadi

IPS - Geografi

a.       Peserta didik dapat menentukan letak negara maju dan berkembang di benua amerika.
b.      Peserta didik dapat menentukan contoh  negara berkembang di dunia.
c.       Peserta didik dapat mengidentifikasi keadaan wilayah dalam  peta kontur.
d.      Peserta didik dapat menentukan contoh karakteristik negara kepulauan di  Asia Tenggara.
e.       Peserta didik dapat dapat menentukan faktor penyebab terjadinnya kerusakan lingkungan.
f.       Peserta didik dapat menentukan faktor penyebab terjadinya permasalahan lingkungan kumuh di kota besar.
g.      Peserta didik dapat mengidentifikasikan  ciri negara maju dan negara berkembang.
h.      Peserta didik dapat mengidentifikasi bentang alam benua afrika.
i.        Peserta didik dapat menentukan karakteristik pertemuan arus di samudera.
j.        Peserta didik dapat mendeskripsikan  bentuk-bentuk muka bumi yang dihasilkan oleh tenaga pembentuk muka bumi tertentu.
k.      Peserta didik dapat mengidentifikasi  kondisi pendudukberdasarkan bentuk piramida penduduk.
l.        Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor pendorong kelahiran.
m.    Peserta didik dapat mengidentifikasi  masalah kependudukan di Indonesia
n.      Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak positif atau negatif dari tenaga pembentuk muka bumi.
o.      Pesert didik dapat mengidentifikasi unsur pembentukan cuca dan iklim.
p.      Peserta didik dapat mengidentifikasi kegunaan globe.
q.      Peserta didik dapat  mendeskrisikan  angin musim di Indoneisa  dikaitkan letak geografis.



                                                                  gambar : dok pribadi


IPS - Sejarah

a.       Peserta didik dapat mengidentifikasi hasil KMB bagi Indonesia.
b.      Peserta didik dapat menyebutkan isi dekrit Presiden 5 juli 1959.
c.       Peserta didik dapat menentukan pemimpin pembebasan Irian Barat.
d.      Peserta didik dapat mengidentifikasi hasil sidang BPUPKI.
e.       Peserta didik dapat mengidentifikasi akibat Perang Dunia II.
f.       Peserta didik  dapat menyebutkan tokoh perjuangan mempertahankan kemerdekaan.
g.      Peserta didik dapat mendeskripsikan akhir perjuangan  merebut Irian Barat.
h.      Peserta didik dapat  mendiskripsikan terjadinya  peristiwa DI/TII.
i.        Peserta didik dapat mendeskripsikan   perubahan orde baru ke  lahirnya reformasi.
j.        Peserta didik dapat mengidentifikasikan dampak  perubahan sosial budya di era globalisasi.
k.      Peserta didik dapat menentukan contoh peninggalan sejarah kerajaan bercorak Hindu.
l.        Peserta didik dapat menentukan saluran Ilamisasi di Indonesia.
m.    Peserta didik dapat menyebutkan kebijakan pemerintahan Raflles di Indoneisa.
n.      Peserta didik dapat mengidentifikasikan faktor penyebab perubahan sosial budaya.
o.      Peserta didik dapat menentukan peralatan kehidupan manusia pra-aksara pada zaman megalitikum.
p.      Peserta didik dapat mendeskripsikan golongan terpelajar professional dalam pergerakan kebangsaan Indonesia.
q.      Peserta didik dapat menentukan perbedaan persektif anatar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia.



                                                 gambar : dok pribadi

IPS - Ekonomi

a.       Peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi uang.
b.      Peserta didik dapat mengidentifikasi kebijakan monoter.
c.       Peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat perdagangan internasional.
d.      Peserta didik  dapat  mengidentifikasi jenis pajak.
e.       Peserta didik dapat menentukan  interaksi penjual dan pembeli.
f.       Peserta didik dapat mengidentifikasi syarat uang.
g.      Peserta didik dapat mengidentifikasi permodalan koperasi.
h.      Peserta didik dapat menentukan tujuan kerjasama ekonomi antar negara bagi Indonesia.
i.        Peserta didik dapat menentukan contoh kerjasama ekonomi antar negara.
j.        Pesert didik dapat mengidentifikasi hubungan alat pemuas kebutuhan dengan barang lain.
k.      Peserta didik dapat mengidentifikasi tanggung jawab anggota perusahaan berbentuk CV.
l.        Peserta didik dapat mengidentifikasi tokoh dalam sistem ekonomi.
m.    Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk kerja sama anat negara.
n.      Peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat lembaga kerjasama antar Negara.
o.      Peserta didik dapat menentukan kurve permintaan dan penawaran.
p.      Peserta didik dapat menentukan conto prinsip ekonomi bagi perilaku ekonomi.


                                                                      gambar : dok pribadi


                                                                          gambar : dok pribadi




Selamat belajar


Semoga dapat mempersiapkan dengan baik

Tetap semangat dan tingkatkan daya juang

Raih yang terbaik dengan Kejujuran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar