Minggu, 02 September 2012

Belajar dari kehidupan masyarakat


Resensi Buku :
Data Buku

  • Judul buku                  : Model Pembelajaran dan Penilaian.
  • Pengarang                   : Dr. Dasin Budimansyah, M.Si.
  • Penerbit                       : PT. Genesindo, Bandung.
  • Cetakan                       : Pertama, 2002.
  • Tebal                           : viii +148 halaman.

Belajar dari Kehidupan Masyarakat

Suatu inovasi pembelajaran yang dirancang
untuk membantu pesrta didik memahami teori secara mendalam
melalui pengalaman belajar praktik – empiric.



Pembelajaran berbasis kompetensi yang dituntut dalam KTSP sekarang ini menuntut
pembelajaranyang krearif dan yang menyenangkan ( joyful learning ). Dalam KTSP selain dituntut pembelajaran kreatif dan menyenangkan juga harus berpusat pada siswa sehingga ketrampilan siswa meningkat.Pendidik diharapkan  dapat mendampingi dan mampu mengamati perkembangan siswa dari proses pembelajaran dengan baik. Oleh karena itu buku ini menyediakan perngkat komplit untuk pendidik melakukan penilaian khususnya dalam belajar praktik.
Sebagai sebuah inovasi,  buku Model  Pembelajaran berbasis  portofolio dan  Penilaian ini berpijak pada 3  landasan pemikiran 1. Empat pilar Pendidikan, to do, Learning to know, learning to be, dan learning to live together. 2. Pandangan Konstruktivisme, yang menganggap semua peserta didik memiliki gagasan / pengetahuan tentang lingkungan dan gejala/ peristiwa lingkungan sekitarnya. 3. Democratic Teacher memberikan penghargaan terhadap demokrasi, yaitu suasana yang terbuka, akrab dan saling menghargai. Dari prinsip dasar pembelajaran dalam buku inin  ada 3 prinsip dasar pembelajaran yaitu 1. prinsip Belajar Siswa Aktif. 2. Kelompok belajar Kooperatif. 3. Pembelajaran Partisipatorik, belajar sambil melakoni 4. Reactive Teacher melalui beberapa pikiran bahwa siswa adalah pusat kegiatan pembelajaran, dimulai dari hal yang sudah diketahui, membangkitkan memotivasi belajar siswa
Dasim, sebagai penilis buku ini  juga melengkapi dengan langkah – langkah Pembelajaran yang disertai contoh – contoh konkret dan foto – foto belajar praktik siswa. Pada bagian persiapan praktek juga dilengkapi dengan Format pertanyaan,  Format Wawancara, Format sumber informasi, ini sangat baik bagi para pelajar yang sangat ideaalis dalam belajar.
Selain format disjikan dengan baik contoh Proses pembelajaran dari memilih untuk Kajian kelas, mengumpulkan informasi tentang masalah yang akan dikaji oleh kelas,mengembangkan portofoli kelas, penyajian portofolio ( show case ), criteria dan format penilaian ( dilengkapi gambar ), refleksi pengalaman belajar.
Pada terbitan yang pertama ini dilengkapi dengan sangat jelas dan sistematik format persiapan, saat observasi maupun penyusunan laporan dan data-data yang sudah dikumpukan
Pada BAB VIII penulis dengan sangat jelas memaparkan data dan laporan dari hal – hal yang sederhana sampai yang rumit disajikan dengan sangat baik,  disertai format – format yang jelas. Dengan pengalaman dan banyak pelatihan dalam dan luar negeri  serta produktif `dalam membuat buku ,Dasim membuat buku sangat baik dan mudah diterapkan oleh siapapun juga yang ingin meningkatkan pembelajaran, termasuk guru, Semoga. (bewe 2007)
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar